Apa itu tuberkulosis?


Tuberkulosis merupakan penyakit infeksi yang banyak kasusnya didunia, terutam di negara maju. penyakit ini disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis. bakteri ini memiliki sifat: berbentuk batang, aerob (memerlukan oksigen), dan dia memounya nukleus droplet yang dari sini penyakit tuberculosis menular. bakteri mycobacterium tuberculosis akan mati jika terkena sinar matahari langsung.

Penyakit tuberkulosis pada umumnya menyerang paru, namun juga dapat meluas ke organ-organ lain seperti ginjal, otak, tulang ataupun persendian. Pada wanita tuberkulosis lebih sering menyebakan kematian dari pada kehamilan, persalinan dan nifas.

Tuberkulosis dapat menular melalui sistem respirasi (udara), digestif atau pun melalui luka yang terbuka pada kulit luar. Pada umumnya, Tuberkulosis menular melalui udara. saat penderita tuberkulosis batuk. dia akan mengeluarkan nukleus droplet. Nukleus droplet ini tidak berdampak apa-apa kecuali terhirup dalam jumlah banyak.

Yang perlu kita syukuri kepada Rabbul 'izzati wal jaalal adalah Allah menciptakan suatu pertahan terhadap bakteri yang masuk. Dalam rongga hidung terdapat bulu-bulu hidung, ini berfungsi sebagai garis pertahanan pertama. kemudian mulai dari saluran pernafasan faring, laring, trakea sampai bronkiolus terdapat mukosa. jika bakteri masuk, maka mukosa akan memproduksi mukus yang akan dikeluarkan dalam bentuk sputum (dahak).




Posting Komentar